Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyambut baik sekaligus mengapresiasi sikap tiga negara di Eropa, yaitu Spanyol, Irlandia dan Norwegia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

" /> Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyambut baik sekaligus mengapresiasi sikap tiga negara di Eropa, yaitu Spanyol, Irlandia dan Norwegia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

" /> Gus Imin: Dukungan Negara Eropa untuk Palestina Momen Akhiri Konflik

Gus Imin: Dukungan Negara Eropa untuk Palestina Momen Akhiri Konflik

Kamis, 30/05/2024 14:43 WIB

Gus Imin: Dukungan Negara Eropa untuk Palestina Momen Akhiri Konflik Gus Imin

PKBNEWS - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyambut baik sekaligus mengapresiasi sikap tiga negara di Eropa, yaitu Spanyol, Irlandia dan Norwegia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

Pria yang akrab disapa Gus Imin itu menyatakan, pengakuan negara-negara Eropa tersebut menjadi pemantik wujudkan perdamaian di Palestina.

“Saya dan segenap warga bangsa ini tentu mendukung dan mengapresiasi sikap 3 negara Eropa untuk (mengakui negara) Palestina. Dengan begitu potensi damai di sana menjadi semakin terbuka lebar,” kata Gus Imin di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Dalam kacamata Gus Imin, konflik antara Israel dan Palestina sudah melampaui batas kemanusiaan. Ia pun mendorong konflik tersebut segera diakhiri.

“Saya kira tidak ada satupun negara maupun agama yang mau melegalkan konflik, tidak ada. Apalagi sampai melampaui batas kemanusiaan seperti di Gaza. Momentum dukungan ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengakhiri konflik,” tegas Gus Imin.

Di samping itu, Wakil Ketua DPR RI ini juga mengapresiasi sikap pemerintah Indonesia yang tidak henti mendorong negara-negara lain untuk mengakui negara Palestina.

“Kita tahu Indonesia ini kan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina, kalau di ASEAN, masih ada dua negara lagi yang belum mengakui, yaitu Singapura dan Myanmar. Saya harap dua negara ini bisa segera mengikuti Indonesia dan negara lain di ASEAN untuk juga mengakui Palestina,” tutur Gus Imin.

Dengan pengakuan ketiga negara ini, total ada 11 negara Eropa yang telah mengakui kemerdekaan Palestina. Yaitu Swedia, Siprus, Hungaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Romania, dan Bulgaria merupakan delapan dari 27 negara Uni Eropa yang telah mengakui Palestina sebelum Irlandia, Spanyol, dan Norwegia.

Selain negara-negara Eropa, sejumlah negara lain juga sudah memberikan pengakuannya atas kemerdekaan Palestina. Total ada 143 negara, termasuk negara-negara Eropa, yang telah mengakui Palestina.

TAG: