Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi, Gus Imin Gagas Gerakan Desa Wisata

Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi, Gus Imin Gagas Gerakan Desa Wisata

Senin, 17/04/2023 15:32 WIB

Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi, Gus Imin Gagas Gerakan Desa Wisata Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar atau Gus Imin (foto: pkb)

PKBNEWS - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menilai potensi besar perdesaan saat ini masih belum tereksplore maksimal. Padahal setiap desa memiliki keunggulan yang dapat menggerakkan sekaligus membangkitkan roda ekonomi masyarakat setempat pasca pandemi.

"Desa itu biasanya memiliki potensi alam yang biasanya indah dan berkualitas, tapi tidak tereksplore atau tidak terangkat menjadi informasi sehingga potensinya hilang," katanya saat berkunjung ke Desa Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek dalam rangkaian Safari Ramadan 1444 Hijriah, Senin (17/4/2023).

Sebab itu, Gus Imin menggagas Gerakan Desa Wisata untuk menumbuh-kembangkan potensi alam sekaligus ekonomi masyarakat pedesaan, "Nah gerakan desa wisata ini menjadi jalan keluar untuk mendongkrak potensi desa sekaligus menumbuhkembangkan ekonomi kreatif," urai Gus Imin.

Menurut Gus Imin, ekonomi kreatif desa kalau digerakkan melalui wisata bukan hanya mendongkrak kapasitas sumber daya alamnya, tetapi juga menumbuhkan efek pertumbuhan ekonomi kreatif lainnya, seperti kerajinan tangan, produksi makanan atau kuliner, transportasi, dan pertumbuhan ekonomi terkait.

"Oleh karena itu saya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya desa-desa wisata ditumbuhkembangkan secara serius oleh pemerintah. Bahkan dijadikan target wisata baru, sehingga sehingga konsentrasi itu menjadi percepatan, percepatan yang akan memakmurkan desa," tegas Gus Imin.

Untuk mengoptimalkan gagasan itu, Gus Imin mendorong pemerintah segera menyiapkan alokasi anggaran yang cukup serta membangun infrastruktur yang memadai di setiap desa.

"Anggaran harus disiapkan, infrastruktur harus dibangun untuk konektivitas, dan tentu saja promosi harus dibantu. Ini desa digital sangat penting," ungkapnya.

"Sekarang sosial media sudah sangat murah untuk mendongkrak wisata menjadi dikenal. Bahkan sekarang banyak sekali wisata-wisata baru trending topik lalu menbuat orang tertarik dan berbondong-bondong mendatangi lokasi-lokasi baru," sambung Gus Imin.

TAG: