Kasus Pembunuhan Sekeluarga di Sigi Bukti Bibit Terorisme Masih Ada

Kasus Pembunuhan Sekeluarga di Sigi Bukti Bibit Terorisme Masih Ada

Selasa, 01/12/2020 17:59 WIB

Kasus Pembunuhan Sekeluarga di Sigi Bukti Bibit Terorisme Masih Ada Cucun Ahmad Sjamsurizal

JAKARTA, PKBNews - PEMERINTAH harus menyikapi serius kasus pembunuhan sekeluarga yang diduga dilakukan kelompok Ali Kalora di Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Kasus tersebut menjadi bukti bahwa bibit terorisme atas nama agama masih ada.

"FPKB mengutuk aksi kejam Ali Kalora Cs di Sigi. Kami meminta semua kalangan tidak lengah karena kelompok radikalis dan teroris masih ada di sekitar kita. Kami juga mendesak agar pemerintah terus berkampanye pentingnya moderasi cara beragama dari tingkatan paling kecil yakni keluarga," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Cucun Ahmad Sjamsurijal, Selasa (1/12/2020).

Kata Cucun, tindakan Ali Kalora Cs dengan membunuh empat orang yang masih satu keluarga jelas tidak dibenarkan. Apalagi jika disebut alasan pembunuhan tersebut atas nama perbedaan agama.

"Tindakan Ali Kalora jelas merupakan aksi terorisme yang bertujuan memunculkan ketakutan di kalangan masyarakat," ujarnya.

Cucun yang juga Anggota Komisi III DPR RI memberikan apresiasi terhadap langkah TNI dan Polri yang bergerak cepat menyikapi kasus ini. Berdasarkan informasi yang diterima, saat ini Polri terus menambah jumlah posko pengamanan di sekitar wilayah pembantaian empat warga di Sigi.

Selain itu, kata dia, Panglima TNI juga telah membentuk pasukan khusus untuk membantu Polri untuk menangkap gerombolan Ali Kalora.

"Harus diakui medan di sana berat. Gerombolan ini memanfaatkan lebatnya hutan dan sulitnya medan pegunungan untuk bersembunyi. Mereka juga disiplin untuk tidak menggunakan alat komunikasi sehingga menyulitkan pelacakan. Tapi, kami yakin TNI/Polri punya kemampuan memadai untuk mengejar dan membasmi kelompok ini," katanya.

Kata Cucun peristiwa ini menjadi pengingat bahwa bibit terorisme masih ada di Indonesia. Pemerintah harus terus maju dalam upaya penanggulangan bibit terorisme tersebut.

Menurutnya pemerintah harus bisa bergandeng tangan dengan pemuka agama, ormas, hingga lembaga-lembaga pendidikan berbasis agama untuk mengkampanyekan bahaya radikalisme.
"Radikalisme dan terorisme selalu berawal dari cara pandang intoleran yang biasanya muncul dari cara beragama yang sempit dan jumud. Oleh karena itu perlu terus dilakukan kampanye perlunya moderasi cara beragama di tengah kehidupan masyarakat Indonesia yang memang secara sunnatullah beragam," tandas Cucun.

TAG:


Terkait

-