PKB Ingatkan Masyarakat untuk Bersatu Lawan Covid-19

PKB Ingatkan Masyarakat untuk Bersatu Lawan Covid-19

Selasa, 06/10/2020 18:15 WIB

PKB Ingatkan Masyarakat untuk Bersatu Lawan Covid-19 Erma

BANYUMAS, PKBNews - SELURUH elemen masyarakat diingatkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB ) Dapil Banyumas-Cilacap, Siti Mukaromah untuk terus bersatu melawan Covid-19.

"Jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah. Bukan hanya di Kabupaten Banyumas yang mengalami lonjakan kasus positif, secara umum kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan. Semua elemen harus terus bersatu melawan Covid-19," katanya.

Ketua Umum (Ketum) Perempuan Bangsa (PB) berkata, munculnya berbagai kelompok atau klaster Covid-19 di negara Indonesia, tak dapat dipungkiri salah satunya dipicu banyak warga yang aktivitasnya berkumpul atau berkerumun. Sikap warga yang dipenuhi semangat gotong royong jangan pernah kendor di masa Covid-19 ini.

"Yang perlu digaris bawahi atau menjadi perhatian, semangat gotong royong itu jangan sampai memunculkan kerumunan yang mengabaikan terhadap protokol kesehatan. Kesadaran ini penting dijaga selama masa pandemi Covid-19. Sekali lagi, harus jaga jarak, pakai masker, cuci tangan sesering mungkin," ucap Erma panggilan akrab Siti Mukaromah.

Menanggapi adanya lonjakan kasus Covid di pesantren, Erma berkata, basic pendidikan di pesantren dan model pendidikan lain yang bersifat boarding school, dengan sistem komunal membuat mereka cenderung lebih rawan. Pondok pesantren bahkan telah disebut sebagai salah satu klaster. Penanggulangan atau pencegahan kasus Covid-19 di pesantren butuh kesadaran bersama. Sehingga diharapkan, jika ada yang terpapar positif maka komunikasi yang tepat dan terukur perlu untuk dilakukan.

"Langkah komunikasi yang keliru justru menghasilkan sesuatu yang negatif, baik itu kegaduhan atau keresahan yang tak berdasar. Apa yang telah terjadi di Banyumas terkait kasus Covid-19 di ponpes, mestinya menjadi warning bagi kita semua untuk berempati bersama, bahu membahu untuk saling membantu dan membangun pola pikir dan hidup sehat dalam keseharian. Apa yang terjadi hari ini di Banyumas kita harapkan membangkitkan kita semua untuk bergerak bersama," ucapnya.

Erma juga mengajar masyarkat fokus agar Banyumas sehat dan terbebas dari penyakit. Ia sekali lagi berharap semua elemen bergerak bersama-sama. Mulai gugus tugas, pemkab, kementerian dan dinas kesehatan, tokoh masyarakat ataupun semua kelompok.

"Termasuk kami yang ada di ranah politik sebagai reperesentasi perwakilan masyarakat di semua tingkatan," kata dia.

Erma mengaku akan terus berusaha membantu baik berkordinasi dengan pihak di pemerintah pusat, gugus tugas, kementerian/lembaga, pemkab, dinas kesehatan, maupun hal-hal teknis konkrit yang bisa dilakukan.

 

TAG: