Haul Habib Munzyr, Gus Muhaimin: Teladan yang Harus Kita Ikuti

Haul Habib Munzyr, Gus Muhaimin: Teladan yang Harus Kita Ikuti

Minggu, 12/06/2022 12:03 WIB

Haul Habib Munzyr, Gus Muhaimin: Teladan yang Harus Kita Ikuti Gus Muhaimin menghadiri Haul Habib Munzyr Almusawa di Jakarta

PKB News - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar bersyukur bisa bertemu secara langsung dengan Habib Munzyr bin Fuad Al Musawa atau lebih sering disapa dengan Habib Munzyr Al Musawa semasa hidup. Habib Munzyr adalah pendiri dan pimpinan kelompok pengajian dan salawat Majelis Rasulullah. 

Ungkapan syukur Gus Muhaimin diutarakan saat dirinya menghadiri Haul ke-9 Habib Munzyr al Musawa di komplek makam keluarga Habib Abdullah bin Ja`far al-Hadad di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 11 Juni 2022.

"Saya termasuk yang sangat bersyukur bisa mengenal langsung, bertemu langsung, bersama-sama langsung Habib Munzir Almusawa, bahkan beberapa kali ikut acara beliau," kata Gus Muhaimin dalam sambutannya.

Habib Munzyr yang lahir di Cianjur, 23 Februari 1973, dan wafat di Jakarta pada 15 November 2013 disebut Gus Muhaimin sebagai sosok pendakwah yang lemah lembut, ikhlas dan juga rela berkorban.

"Sama yang saya tangkap seperti yang disampaikan Habib Muhammad (putra Habib Munzyr) tadi, ketulusan, keikhlasan, dan rela berkorban dalam dakwah dan menyebarkan kecintaan kepada Rasulullah adalah teladan yang harus kita ikuti dan contoh selama-lamanya," tutur Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin juga menyebut Habib Munzyr sebagai generasi terbaru dari para Habaib yang sangat agresif, proaktif, dan memiliki kemauan menjemput bola, bahkan berkeliling ke seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah paling sulit untuk berdakwah.

Sebab itu, Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini berharap semangat dakwah, keilmuan serta karakter khas Habib Munzyr itu bisa terus diteladani oleh dirinya dan juga seluruh lapisan masyarakat.

"Moga-moga kita semua bisa meneruskan keikhlasan perjuangannya yang begitu berat dan berliku, moga-moga kita semua bisa meneladaninya di berbagai bidang, di bidang keilmuan, di bidang ibadah, di bidang dakwah, di bidang sosial kemasyarakatan, dan di bidang sosial kebudayaan," ungkap Gus Muhaimin.

Di sisi lain, keponakan Gus Dur ini juga merasa senang Haul ke-9 Habib Munzyr kali ini dilaksanakn dengan normal seperti sebelum pandemi. Menurutnya hal itu adalah salah satu berkah salawat yang secara kontinyu dilakukan oleh jemaah Majelis Rasulullah di seantero Indonesia.

"Kita semua bersyukur dan berbahagia juga hari ini bisa melaksanakan kegiatan dengan normal, bahkan hampir normal seperti sebelum pandemi. Insyaallah berkat salawat korona minggat, berkat salawat kita semua sehat. Insyaalah berkat salawat kita smeua menyaksikan Indonesia selalu dalam rahman dan rahim Allah," ujar Gus Muhaimin.

Majelis salawat dikatakan Gus Muhaimin bukan saja menjadi sarana mendekatkan jemaah kepada Allah dan cinta Rasulullah, tetapi juga menjadi sarana mengeratkan persatuan antar sesama anak bangsa.

"Saya hampir setiap hari keliling nusantara, alhamdulillah Majelis Rasulullah menjadi inspirasi dan tumbuh subur majelis-majelis salawat di berbagai tempat di Tanah Air, di Kabupaten-kabupaten, di kampung-kampung, dan insyaallah inilah yang menyelamatkan bangsa kita, inilah majelis salawat yang senantiasa membawa kita kepada cinta Rasulullah, cinta Tanah Air, cinta bangsa dan negara, cinta agama, cinta umat Islam di Indonesia dan di seluruh dunia," tukas Gus Muhaimin.

Haul ke-9 Habib Munzyr Al Musawa ini dihadiri juga oleh sejumlah Habaib dari Indonesia dan luar negeri, antara lain Habib Mahdi Alhiyed, Habib Idrus Alaydrus, dan Habib Ja`far bin Muhammad Bagir Alattos. Sementara Gus Muhaimin hadir didampingi Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun A Syamsurijal.

TAG: