Gus Muhaimin Resmikan 12 BLK Komunitas di Malang Raya

Gus Muhaimin Resmikan 12 BLK Komunitas di Malang Raya

Jum'at, 18/03/2022 19:05 WIB

Gus Muhaimin Resmikan 12 BLK Komunitas di Malang Raya Wakil Ketua DPR RI, yang juga Ketua Umum DPP KB Abdul Muhaimin Iskandar meresmikan 12 BLK Komunitas di Malang Raya (foto: PKB)

PKBnews - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) meresmikan 12 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, 18 Maret 2022.

Peresmian BLK Komunitas itu dilakukan Gus Muhaimin secara kolektif di Pondok Pesantren Al-Rifa`ie 2 Gondanglegi, Kabupaten Malang. Turut hadir dalam kesempatan itu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar serta sejumlah anggota DPR RI dan DPRD Jatim Fraksi PKB.

Dalam sambutannya Gus Muhaimin menyatakan, BLK komunitas merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan pesantren untuk mengasah sekaligus menguji skiil dan kapasitas santri agar terus maju, menantang zaman, memperbaiki kesempatan dan persiapan menata umat, masyarakat, bangsa dan negara.

"Pesantren, para kiai dan para santri memiliki tiga tugas sekaligus, pertama membangun, membina karakter, mental, integritas pribadi. Yang kedua skil kemampuan dan kapasitas. Dan yang ketiga kepemimpinan baik di level yang paling rendah, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara," kata Gus Muhaimin.

Oleh karena itu, lanjut Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat itu, tidak heran pesantren menjadi satu kesatuan dari denyut nadi masyarakat. Kebutuhan untuk menghadapi perkembangan masyarakat adalah kebutuhan pesantren dalam menyiapkan diri sesuai dengan tantangan dan tuntutan zaman.

"Skill santri, kapasitas building dari para santri dalam semua level, saya kira penting. Kebutuhan itu dipersiapkan dengan lebih baik apalagi hari ini perubahannya sangat - sangat dramatis seiring dengan perkembangan perubahan dunia," tegas Gus Muhaimin.

Keponakan Presiden RI ke-IV LH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini menambahkan, masa depan Indonesia tidak saja bergantung pada kiai, masyarakat dan ulama, tetapi juga pada lahirnya pemimpin pemimpin dari pesantren yang bisa memberikan solusi yang terbaik dalam menghadapi tantangan dan tuntutan zaman.

"Apalagi hari ini tidak lagi dilihat darimana dan dimana berada, kepemimpinan dan potensi pempimpin dilhat dari kualitas dan mutu dan kemampuan kesiapan. Dari Malang kita harapkan lahir pemimpin – pemimpin yang mengatasi masalah bangsa," tukas Gus Muhaimin.

Berikut daftar BLK Komunitas yang diresmikan Gus Muhaimin di Malang:

1. Ponpes Al-Rifa`ie 2
2. Ponpes PPAI Annahdliyah
3. Ponpes Raudlatul Ulum
4. Ponpes As-Salafy Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu
5. Pesantren Rakyat Al Amin
6. El  Jasmeen
7. Ponpes Arrahmah
8. Ponpes Arriyadh
9. Ponpes Annur Al Munir
10. Ponpes Al Amanah
11. Ponpes Al Ittihad
12. Ponpes RU Annawawi

TAG:


Terkait

-